Tokoh Ilmuwan Penemu Dunia

Archandra Tahar - Menteri ESDM Kabinet Jokowi

Profil dan Biodata Archandra Tahar - Mentri ESDM Pengganti Sudirman Said Memiliki Dua KewarganegaraanArcandra Tahar adalah Menteri ESDM Baru Pengganti Sudirman Said. Presiden Jokowi menunjuk Arcandra Tahar menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Arcandra Tahar menggantikan Sudirman Said yang semalam telah mengirim pesan perpisahan lewat akun twitternya. Sebelumnya Dr. Archandra menjabat sebagai Presiden di Petroneering Houston di Texas. Dimana perusahaan ini bergerak dibidang energi dan minyak. Archandra memegang jabatan ini sejak Oktober 2013 lalu.

Diketahui sejumlah jabatan mentereng lainnya pernah diemban pria berusia 45 tahun ini. Archandra pernah menjadi Principal Horton Wison Deepwater Inc sejak Oktober 2009 hingga Oktober 2013. Ia pernah bekerja di AGR Deepwater Development System Inc, di Hydrodynamics Lead Floa TEC LLC dan berbagai perusahaan internasional lainnya. Latar belakang pendidikan Arcandra Tahar adalah Teknik Mesin ITB. Usai lulus, Archandra bekerja di Andersen Consulting agar bisa mengumpulkan uang untuk melanjutkan pendidikan S2nya di A&M University Amerika Texas. Ia tak berhenti sampai disitu, karna Archandra terus melanjutkan pendidikan S3nya di Amerika Serikat.

Profil dan Biodata Dr Archandra Tahar Menteri ESDM Baru :

Pendidikan :

ITB Teknik Mesin : 1989 -1994
Texas A&M University Ocean Engineering : 1996 – 1998
Texas A& M Univeristy Ocean Engineering (Doctor of Philosophy) : 1998 – 2001

Riwayat Pekerjaan

Presiden Petroneering : 2013-2016
Principal Horton Wison Deepwater : 2009 – 2013
Principal dan Presiden Asia Pasific AGR Deepwater Development System : 2007-2009
Hydronynamics Lead FloaTec LLC 2006 – 2007
Peneliti Technip Offshore : 2001 – 2006
Asisten Peneliti Offshore Technology Research Center : 1997 – 2001
Technical Advisor Noble Denton : 2000

Skill :

Product Development,
Wave Basin Model Testing,
Offshore Field Measurement,
Deepwater Platform Design and Analysis (Spar, TLP and Semisubmersible),
FPSO Analysis,
Shallow Water Platform Design and Analysis (Buoyant Tower),
Mooring Design and Analysis,
Riser Design and Analysis,
Naval Architecture,
Hydrodynamics,
Software Development,
Asset Integrity Management,
Wave Energy,
Offshore Drilling.

Untuk program ke depan di ESDM, tentu yang akan kami tekankan adalah bagaimana kami membangun kemandirian dari sisi energi. Pertama adalah pemanfaatan teknologi. Kebutuhan energi ke depan sangat besar. Terutama dari sisi minyak dan gas bumi (migas). Sedangkan makin lama produksi migas di tanah air terus menurun. Kedua adalah sumber daya manusia (SDM) dan ketiga memastikan proses dapat berjalan dengan baik. Sementara, Arcandra juga tidak melupakan sisi integritas dalam pembangunan industri. Baik migas, mineral, batu bara, kelistrikan, hingga energi terbarukan.
Tag : Menteri
Back To Top