Tokoh Ilmuwan Penemu Dunia

Muhammad Maftuh Basyuni - Menteri Agama RI

Muhammad Maftuh Basyuni Menteri Agama pada Kabinet Indonesia BersatuMuhammad Maftuh Basyuni, SH. (lahir di Rembang, Jawa Tengah, 4 November 1939; umur 76 tahun) adalah Menteri Agama pada Kabinet Indonesia Bersatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi pada tahun 1968.

Periode 1976-1979, ia tampil sebagai Sekretaris Pribadi Duta Besar Indonesia di Jeddah. Selain sebagai kepala rumah tangga kepresidenan saat Soeharto memimpin negara Indonesia, ia juga menjabat Sekretaris negara pada pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Sejak 2002, ia adalah Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi. Pada 2004, ia tampil sebagai ketua Delegasi Indonesia pada Pertemuan Tingkat Menteri OKI.

Mantan Menteri Agama di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Muhammad Maftuh Basyuni, meninggal, Selasa malam, 20 September 2016. Ia dikabarkan meninggal karena gangguan ginjal yang dideritanya sejak lama. Maftuh wafat dalam usia 76 tahun. "Sakitnya sudah cukup lama. Beliau juga sempat cuci darah. Sempat juga diopname di Kuala Lumpur, Malaysia," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, saat dihubungi Tempo.

Maftuh mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat, pukul 18.30 WIB. Lukman mengatakan baru mendapat kabar meninggalnya Maftuh sekitar pukul 19.00 WIB. Lukman pun akan segera berkunjung ke RSPAD. Lukman menuturkan setelah dari RSPAD, rencananya jenazah akan dibawa ke rumah duka di daerah Perdatam, Jakarta Selatan. Lukman belum mengetahui di mana jenazah Maftuh akan dimakamkan.
Tag : Menteri
Back To Top